Pro dan kontra BlackBerry dengan sistem operasinya

Pro dan kontra BlackBerry dengan sistem operasinya

Techno.id - Seperti diketahui, BlackBerry adalah salah satu vendor smartphone yang mengembangkan piranti keras (handset) dan lunak (sistem operasi) secara mandiri. Meski pada akhirnya kalah dengan Apple, tak dapat dipungkiri bahwa strategi vendor asal Kanada ini sempat berjaya di era 2000-an.

Kini, peluncuran Priv telah menandakan jika BlackBerry mulai beralih ke platform Android layaknya Samsung. Mereka bahkan sempat mengeluarkan pernyataan resmi bahwa Priv tidak akan menjadi handset Android yang terakhir. Lantas, bagaimana dengan nasib sistem operasi BlackBerry 10?

Sebelumnya, BlackBerry telah berulang kali menegaskan komitmennya dengan BlackBerry 10. Namun sebuah fakta menariknya, perusahaan berwarna khas hitam elegan ini baru saja mengonfirmasi pemecatan sekitar 200 karyawannya. Disinyalir kuat, pemecatan tersebut berasal dari divisi piranti lunak BlackBerry.

Sejauh ini, BlackBerry memang masih belum memberikan klarifikasi terkait alasan dan divisi mana pemecatan tersebut berasal. Namun baru-baru ini, istri Gary Klassen, bapak pencetus BlackBerry Messenger (BBM) mengungkapkan kebahagiaan untuk sang suami yang akhirnya berhenti bekerja di BlackBerry.

Jadi, apakah menurut Anda sistem operasi BlackBerry 10 akan berakhir?

(brl/red)