Porsi pegawai wanita di Apple bertambah 1 persen

Porsi pegawai wanita di Apple bertambah 1 persen

Techno.id - Sebagai perusahaan teknologi multi-nasional, Apple terus berupaya untuk menciptakan lingkungan perusahaan yang multi-etnis sekaligus terbuka pada wanita. Hal ini telah tertuang di laporan keberagaman (diversity report) mereka tahun ini.

Terungkap dari data yang terkumpul pada 27 Juni 2015, raksasa asal Cupertino itu sudah lebih ramah pada wanita. Tahun lalu, persentase pegawai Apple berdasarkan jenis kelaminnya ialah 70 persen untuk pria dan 30 persen untuk wanita. Persentase itu sedikit berubah tahun ini, dengan perbandingan 69 persen dan 31 persen.

Dalam laporan tersebut, Tim Cook, sang CEO, juga mengabarkan kalau pihaknya telah membuka kesempatan yang lebih luas pada wanita untuk bergabung dengan Apple. Menurut pengakuannya, dalam setahun terakhir, Apple sudah menerima 11 ribu pegawai wanita secara global, atau 65 persen lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

Memang, belum ada perubahan signifikan yang diambil oleh Apple; Cook pun mengakuinya. Namun, suksesor Steve Jobs itu menilai bahwa langkah ini adalah sebuah kemajuan bagi Apple.

"Beberapa orang akan membaca halaman ini dan melihat kemajuan kami. Sementara yang lain akan menyadari betapa jauh kami harus melangkah. Kami melihat keduanya," pungkas Cook.

(brl/red)