PLN rencanakan pembangunan dua unit PLTU di Sulawesi Tengah

PLN rencanakan pembangunan dua unit PLTU di Sulawesi Tengah

Techno.id - Sepertinya kebutuhan listrik di Indonesia belum benar-benar tercukupi, terutama untuk kawasan Indonesia bagian utara. Oleh karena itu, PT PLN berencana membangun dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2x50 megawatt (MW) di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Sementara ini, pembangunan pembangkit belum dilaksanakan karena PLN masih sibuk mengurusi pembebasan tanah di daerah tersebut. "Sekarang ini masih dalam tahap pembebasan lahan," kata Manager PT PLN Area Palu, Novalince Pamuso, seperti yang disadur dari AntaraNews (26/10/15).

Ketika ditanya kapan pembangunan akan dimulai, Novalince belum bisa memberikan keterangan. Namun, dia memastikan bahwa PLTU tersebut nantinya akan beroperasi pada tahun 2018. "Ya saya optimistis 2018, PLTU 2x50 MW yang akan dibangun PLN itu sudah menyuplai daya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri," katanya.

Daerah Donggala sendiri sebenarnya belum mempunyai kapasitas listrik yang mencukupi, bahkan di sana sering mengalami defisit daya meski sudah mendapat pasokan daya listrik dari PLTA Sulawena Poso.

Selain itu, Novalince juga menambahkan bahwa pembangunan PLTU ini merupakan salah satu upaya pemerintah Presiden Jokowi-Kalla dalam membangun sebanyak 35.000 MW pembangkit listrik di seluruh Indonesia.

(brl/red)