PLN perkirakan pelanggan prabayar akan naik 10 persen

PLN perkirakan pelanggan prabayar akan naik 10 persen

Techno.id - Tahun ini, PT PLN (Persero) kawasan Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu memperkirakan peningkatan jumlah pelanggan prabayar hingga 10 persen. Menurut Kepala Deputi Manajer Humas dan Hukum PT PLN WS2JB mengatakan bahwa peningkatan ini dirasa cukup realistis mengingat penggunaan listrik prabayar semakin diminati masyarakat.

"Saat ini banyak pelanggan yang memilih beralih dari pascabayar ke prabayar karena memiliki keunggulan, di antaranya tidak ada kemungkinan salah catat dan pemakaiannya sangat nyata. Artinya apa yang dipakai maka itulah yang dibayar," kata dia, seperti yang dilaporkan oleh AntaraNews (21/8/15).

Data terakhir menunjukkan, jumlah pelanggan prabayar di Palembang tercatat 247.516 konsumen, sementara untuk pascabayar berjumlah 621.348 konsumen. Sedangkan untuk Sumatera Selatan secara keseluruhan yang mencakup 17 kabupaten/kota diketahui bahwajumlahpelanggan prabayar berjumlah 382.521 per Desember 2014, sementara untuk pelanggan pasca bayar berjumlah 1.167.487 konsumen.

"Ke depan, PLN akan lebih gencar lagi mempromosikan listrik prabayar ini, selain lebih menguntungkan juga akan lebih menghemat biaya dari sisi perusahaan karena akan terjadi pengurangan tenaga kerja pencatat alat ukur listrik," ujarnya.

(brl/red)