PKBI Jateng ajak remaja lebih banyak gali manfaat positif internet

PKBI Jateng ajak remaja lebih banyak gali manfaat positif internet

Techno.id - Tren penggunaan internet terutama media sosial yang cukup tinggi di kalangan remaja Indonesia saat ini membuat Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia wilayah Jawa Tengah (Jateng) menghimbau kepada para remaja untuk memanfaatkan internet secara positif. Menurut Elisabet S.A. Widyastuti, Ketua PKBI Jateng, banyak remaja saat ini belum mengetahui betapa besar manfaat positif yang bisa digali dari internet sehingga menurutnya diperlukan proses edukasi yang cukup serius.

Lebih lanjut Elisabet mengatakan jika gempuran arus teknologi terutama internet yang begitu besar seperti saat ini mengakibatkan akses internet jadi semakin terbuka sehingga memungkinkan terjadinya penyalahgunaan oleh para remaja. Menurutnya, penyalahgunaan internet yang paling banyak dilakukan oleh remaja adalah mengakses konten-konten dewasa yang belum semestinya mereka konsumsi.

"Maka dari itu, kami mengajak mereka (remaja) untuk menggali manfaat-manfaat positif dari teknologi internet, seperti mencari informasi bermanfaat untuk bisnis atau lainnya," kata Elisabet seperti dikutip dari Antara (16/10/15).

Sebagai bentuk nyata upaya pihaknya dalam mengedukasi remaja untuk memanfaatkan internet secara positif, diadakanlah seminar dan pelatihan dalam rangkaian Youth Media Festival 2015 yang diselenggarakan dari tanggal 16 hingga 18 Oktober 2015. Elisabet mengaku, nanti setidaknya ada 200 remaja dari seluruh Indonesia yang mengikuti kegiatan ini serta juga ada 30 pembicara baik dari kalangan pengusaha dan pemerintah yang dihadirkan.

(brl/red)