Pesawat Boeing akan dilengkapi toilet pintar

Pesawat Boeing akan dilengkapi toilet pintar

Techno.id - Selama ini, semua orang percaya bahwa tempat paling kotor adalah toilet. Nah, untuk menghilangkan pandangan menjijikkan dari kotoran yang terdapat pada toilet, perusahaan penerbangan Boeing membuat toilet pintar di pesawatnya.

Boeing mengaku telah membuat prototipe toilet pintar yang dapat membersihkan kuman secara otomatis menggunakan sinar ultraviolet. Boeing juga mengklaim bahwa sinar ultraviolet tersebut dapat membersihkan 99,99 persen kuman di toilet dalam waktu tiga detik.

Melihat kemampuan toilet milik Boeing, salah satu konsultan penerbangan George Hamlin ikut angkat bicara. Menurutnya, toilet yang terus-menerus membersihkan diri di ketinggian 9.100 meter tersebut dapat membantu memperlambat penyebaran penyakit menular ke seluruh penumpang pesawat. Tak hanya itu, toilet pintar juga dapat mengurangi biaya tagihan perawatan penerbangan

Menariknya lagi, penumpang dapat menggunakan toilet tersebut tanpa harus menyentuhnya. Jadi, pengguna cukup mendekatkan tangan pada tombol, maka toilet duduk tersebut akan membuka dengan sendirinya. Selain toilet duduk, benda-benda lain yang tak perlu disentuh adalah keran air, sabun, tempat sampah, dan mesin pengering tangan.

Rencananya, teknologi pada toilet pintar ini akan dikembang lagi, terutama pada bagian penyedot air yang tumpah di lantai toilet, seperti yang dikutip dari Bloomberg (4/3/2016).

(brl/red)