Perusahaan 'di balik' Samsung Pay diretas sekelompok hacker

Perusahaan 'di balik' Samsung Pay diretas sekelompok hacker

Techno.id - Beberapa waktu lalu Samsung resmi meluncurkan Samsung Pay. Namun tak lama kemudian, sebuah berita buruk terjadi. Kabarnya, perusahaan di balik Samsung Pay diretas oleh para hacker.

Seperti yang telah diberitakan oleh Engadget pada hari Kamis (08/10/15), perusahaan yang bernama LoopPay ini telah diretas oleh hacker. LoopPay adalah perusahaan yang menciptakan teknologi yang kemudian digunakan oleh Samsung Pay.

Teknologi ini kemudian diakuisisi oleh Samsung dengan harga Rp 3,4 triliun. Teknologi ini memungkinkan pengguna Samsung untuk melakukan pembayaran secara mobile dan diluncurkan di Amerika Serikat pada tanggal 28 September lalu.

Perusahaan 'di balik' Samsung Pay diretas sekelompok hacker

Menanggapi kejadian tersebut, juru bicara Samsung mengatakan, "Kejadian itu tak berdampak apapun pada Samsung Pay, dan tak ada satupun informasi pembayaran yang bocor," ujarnya menjelaskan.

LoopPay telah diserang oleh sekelompok hacker yang bernama Codoso beberapa kali. Kabarnya, komplotan tersebut dibekingi oleh anggota pemerintah China. Parahnya lagi, anggota komplotan tersebut telah berhasil menyusup ke dalam sistem corporate LoopPay setidaknya selama 5 bulan.

Codoso juga dikabarkan memiliki reputasi sebagai hacker yang bisa menyerang sampai beberapa kali. Sementara itu, pihak LoopPay sendiri mengatakan belum menemukan bukti, apakah ada data customer atau pembayaran yang telah dicuri.

Berita ini memang sempat tersebar, dan sekali lagi pihak Samsung menegaskan, bahwa sasaran utama adalah LoopPay, yang secara fisik bukan bagian dari Samsung Pay. Yah semoga saja masalah ini segera terselesaikan dan tak sampai benar-benar merembet ke Samsung Pay.

(brl/red)