Permudah birokrasi, Bandung bersiap jadi kota 1000 aplikasi

Permudah birokrasi, Bandung bersiap jadi kota 1000 aplikasi

Techno.id - Sebagai walikota yang memiliki banyak visi dalam membangun daerah kepemimpinannya, Ridwan Kamil, Walikota Bandung akan menerapkan seribu layanan berbasis aplikasi di Bandung. Hal tersebut dilakukan untuk membuat masyarakat Indonesia lebih tanggap terhadap teknologi dan lebih memanfaatkannya untuk hal yang positif.

Ridwan mengungkapkan bahwa kota Bandung merupakan pengguna aktif Twitter nomor 6 di dunia yang membuktikan bahwa masyarakat Bandung sudah melek teknologi. Untuk itu, pihaknya tak ragu untuk membentuk dan menargetkan 1000 layanan berbasis aplikasi.

Saat ini, Bandung baru memiliki 300 layanan berbasis aplikasi dan berencana meraih target seribu aplikasi dalam waktu tiga tahun. Selain itu, di sisi lain Ridwan menuturkan dengan adanya aplikasi berbasis teknologi menjadi salah satu cara untuk mencegah kejahatan,seperti calo.

Lebih lanjut, melalui layanan aplikasi akan menerapkan reformasi birokrasi dengan meng-cut birokrasi. Artinya, semua perizinan dilakukan secara online sehingga akan jauh lebih aman melindungi data atau pun dokumen karena tidak ada pertemuan antara manusia ke manusia.

"Jadi apa pun saat kita pindah ke teknologi hidup lebih murah, lebih mudah, dan terhindar dari kejahatan, hal negatif dan pemerintah juga bisa kita terbuka," pungkas Ridwan.

(brl/red)