Pengguna Android di Indonesia gemar mengunduh game?

Pengguna Android di Indonesia gemar mengunduh game?

Techno.id - Menurut sebuah laporan yang dirilis MoboMarket, mayoritas pengguna Android di Indonesia sering mengunduh aplikasi game dibandingkan aplikasi lainnya. Apakah masyarakat Indonesia butuh hiburan untuk mengurangi kepenatan hidup?

Entahlah, yang jelas laporan yang dirilis MoboMarket, toko aplikasi khusus Android yang dikembangkan Baidu ini menunjukkan bahwa hampir 50% pengguna Android gemar mengunduh game.

"Game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna, yakni sebanyak 45,61%," kata Manajer Pemasaran Baidu Indonesia Iwan Setiawan dalam acara Echelon Indonesia 2015, di Jakarta, Rabu, seperti yang dikutip dari AntaraNews (15/04/2015).

Lalu, game apa yang digemari masyarakat melihat peminatnya yang begitu besar. Setelah dilakukan riset oleh MoboMarket, ternyata jenis game yang paling banyak diunduh adalah game ringan yakni sebanyak 29,92%. Sedangkan game lain yang tak kalah banyak diunduh pengguna adalah game arcade dengan prosentase 12,26%, racing 11,81%, action 10,19%, dan olahraga 6,33%.

Selain game, terdapat pula aplikasi lain yang sering diunduh pengguna Android di Indonesia seperti aplikasi media sosial dan fotografi dengan prosentase 11, 64% dan 10,20%.

Kebanyakan pengguna, biasanya mengunduh aplikasi di Play Store pada akhir pekan khususnya hari Sabtu dan Minggu. Bahkan, laporan yang didapat dari MoboMarket menunjukkan sebanyak 16,41% pengguna mengunduh aplikasi pada hari Sabtu dan 15,01% pada hari Minggu.

Diharapkan dari hasil riset ini dapat dipergunakan para pengembang game dan aplikasi untuk menambah wawasan tentang trend terkini di pasar mobile Indonesia.

(brl/red)