Peneliti dan industri Indonesia masih belum bersinergi

Peneliti dan industri Indonesia masih belum bersinergi

Techno.id - Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, pertanyaan seputar lambatnya perkembangan inovasi teknologi di Tanah Air mungkin tidak hanya sekali dua kali terlintas di dalam benak Anda. Pertanyaannya, mengapa bisa demikian?

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Jumain Appe berpendapat, inovasi teknologi di Indonesia masih belum banyak bersinergi dengan industri.

"Hal ini karena kurangnya para peneliti melihat fenomena yang dibutuhkan oleh industri, dan kurangnya harmonisasi kebijakan antar sektor," paparnya sebagaimana dikutip dari Merdeka, Selasa (15/12).

Sinergi ini, diakuinya tidak mudah. Pasalnya, diperlukan sebuah kerja sama dan dukungan yang erat dari semua elemen. Sementara itu, salah satu elemen utama dalam mengembangkan Sistem Inovasi Nasional yaitu Penguatan Kelembagaan IPTEK.

"Hal itu (sinergi) memang sulit. Namun jika terlaksana, maka pada akhirnya akan mampu meningkatkan ekonomi dan daya saing bangsa," tambahnya.

(brl/red)