Pemerintah Indonesia resmikan proyek Palapa Ring Barat

Pemerintah Indonesia resmikan proyek Palapa Ring Barat

Techno.id - Proyek Palapa Ring Barat akhirnya resmi digelar. Hal ini diketahui setelah dilakukannya penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan PT. Palapa Ring Barat yang merupakan konsorsium Moratel-Ketrosden Triasmitra.

Selain penandatanganan perjanjian antara Kemenkominfo dan PT. Palapa Ring Barat, terdapat pula perjanjian penjaminan proyek yang ditandatangani oleh PT. Palapa Ring Barat dengan PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII). Ada lagi, perjanjian regres yang ditandatangani oleh PT. PII dengan Kemenkominfo. Kemenkominfo di sini bertindak sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK).

Proyek Palapa Ring sendiri difokuskan untuk membangun jaringan serat optik nasional di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Tujuannya untuk pemerataan akses pita lebar (broadband) dan meningkatkan peluang kerja masyarakat dengan berdagang online (e-commerce), seperti yang dilaporkan oleh AntaraNews (29/2/2016).

Sedangkan, Palapa Ring Barat akan menjangkau pembangunan serat optik pada wilayah Riau dan Kepulauan Riau sampai Kepulauan Natuna dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 Km. Pada proyek Palapa Ring Barat, total NPV availability payment (AP) mencapai Rp 1,71 triliun. Keseluruhan pendanaan ini akan dibayarkan berkala selama masa konsensi 15 tahun.

(brl/red)