PayPal siap beri cashback pada freelancer yang pakai layanannya

PayPal siap beri cashback pada freelancer yang pakai layanannya

Techno.id - Di era internet dan industri kreatif kini, populasi pekerja lepas makin banyak saja. Sebab, menjadi freelancer mempunyai kelebihan dan keunikannya sendiri dibanding dengan pekerja kantoran dan cocok dengan era kekinian, misalnya fleksibilitas dan independensi profesional.

Masyarakat Indonesia pun juga sudah mengikuti arus ini. Menurut data yang dirilis oleh salah satu portal freelance Asia Tenggara, ada sekitar 412 ribu freelancer dari Tanah Air yang terdaftar di situs tersebut. Angka itu memang tak sebanyak India yang memuncaki daftar pertama dengan 2,4 juta freelancer, tetapi sudah cukup untuk menandakan Indonesia punya potensi dari sektor perekonomian pekerja lepas (freelance economy), terutama di Asia.

"Pekerja lepas adalah bagian yang tak terpisahkan di dalam dunia tenaga kerja modern. Mereka memberikan nilai berharga bagi perekonomian global dan memberikan hasil kerja yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif, sehingga meningkatkan standar industri dan menjadikan dunia lebih dinamis," ujar GM PayPal Asia Tenggara, Rahul Shinghal, seperti dikutip dari Antara (14/12/15).

Nah, untuk mendukung para freelancer itu, PayPal berusaha menghadirkan platform pembayaran yang lebih cepat, aman, dan mudah. Tak sampai di sana saja, kesejahteraan pekerja lepas turut menjadi fokus PayPal. Layanan berusia 17 tahun ini pun juga bersedia memberikan hadiah kepada pekerja lepas yang menggunakan PayPal serta cashback sebesar 1% hingga Rp425 ribu (US$30), jika mereka mendapatkan dana yang memenuhi syarat melalui PayPal.

Sebagai gambaran, freelance economy Asia Pasifik telah tumbuh dengan sangat pesat. Singapura tercatat sebagai perekrut tenaga freelance terbesar di Asia. Sementara industri yang paling banyak merekrut pekerja lepas adalah Desain Grafis, Internet Marketing, dan Programming.

(brl/red)