Pasar Apple di Tiongkok sedang terancam?

Pasar Apple di Tiongkok sedang terancam?

Techno.id - Ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok pasca terbongkarnya rahasia NSA oleh mantan anggotanya sendiri Edward Snowden sepertinya masih berlangsung cukup panas hingga sekarang. Hal ini dapat dilihat dari reaksi pemerintah Tiongkok yang cukup agresif dalam melancarkan 'serangan balik' sebagai wujud protes atas insiden tersebut.

Media Reuters melaporkan baru-baru ini, China's Central Government Procurement Center's (CGPC) telah 'memangkas' produk dan jasa beberapa perusahaan AS dari daftar belanja negara dan menggantinya dengan produk-produk dalam negeri. Kebijakan ini diyakini atas faktor keprihatinan pemerintah Tiongkok atas operasi Cybersurveillance AS.

Tanpa pandang bulu, Apple Inc. merupakan salah satu perusahaan besar asal AS yang juga ikut menjadi 'korban' pemangkasan oleh pemerintah Negeri Tirai Bambu tersebut. Selain Apple, beberapa perusahaan besar lainnya yang juga menjadi korban pemangkasan adalah Cisco Systems, Intel, McAfee dan Citrix Systems.

Bagaimana tanggapan Tiongkok mengenai hal ini? Setelah dikonfirmasi oleh media, seorang pejabat berwenang CGPC yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa segala alasan dapat dikaitkan dengan perubahan daftar, termasuk jaminan dari perusahaan domestik bahwa produk mereka lebih aman daripada solusi asing.

Sekedar informasi bahwa salah satu stasiun televisi Tiongkok, China Central Television sempat menyiarkan berita bahwa sistem operasi iOS yang diadopsi oleh Apple sedang terlibat dalam program mata-mata yang dilakukan oleh NSA tahun lalu, sehingga berpotensi mengganggu stabilitas keamanan nasional Tiongkok. Pada saat itu pihak Apple cenderung tertutup kepada media dan tidak memberikan klarifikasi atas tudingan tersebut.

Hingga akhirnya pada bulan Januari lalu, Apple akhirnya menjawab rumor tersebut dengan melakukan kesepakatan mengikuti kebijakan audit keamanan negara dengan China's State Internet Information Office untuk memindahkan basis data server iCloud ke Tiongkok.

Langkah Apple tersebut mendapat apresiasi dari publik dan diharapkan dapat menjadi pembuktian bahwa Apple tidak memiliki tujuan untuk berbagi data kepada pihak ketiga, melainkan hanya bisnis semata.

(brl/red)