Orang Indonesia makin butuh internet, ini buktinya

Orang Indonesia makin butuh internet, ini buktinya

Techno.id - Hari demi hari, internet seperti sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Hal ini tercermin dari meningkatnya penduduk Bumi yang menggunakan internet.

Dalam laporan State of Connectivity 2015 yang dirilis oleh Facebook, tercatat bahwa ada sekitar 3,2 miliar orang yang tercatat sebagainetizen. Jumlah orang yang kini online itu naik dari tahun 2014 yang masih 3 miliaran. Salah satu penyebab makin banyaknya pengguna internet ini ditengarai berasal dari naiknya pendapatan global serta kian terjangkaunya paket data internet.

Di Indonesia sendiri, fenomena itu telah menular. Tahun 2013 silam, hanya ada 23 persen dari penduduk Indonesia yang mampu menebus biaya paket internet 500MB dengan harga sekitar Rp28.000. Menariknya, populasi konsumen tersebut tumbuh menjadi 26 persen setahun kemudian. Tren positif sejenis juga tampak dari negara berkembang lain, semacam Filipina, Vietnam, Thailand.

Orang Indonesia makin butuh internet, ini buktinya

Daya beli pengguna internet di Indonesia terhadap paket internet 500MB
2016 State of Connectivity 2015 Report

Sementara itu berdasarkan data dari WeAreSocial di awal tahun ini,sekarangada 88,1 juta wargaIndonesia yang sudah menggunakan internet. Di samping itu, 90 persen dari mereka terpantau aktif menggunakan media sosial.

Kendati demikian, Facebook mengungkap empat hal yang menghambat manusia terkoneksi dengan internet. Empat hal itu adalah ketersediaan infrastruktur pendukung, keterjangkauan tarif, pemicu untuk online, juga kesiapan diri untuk mengaksesnya.

(brl/red)