Opera Software hari ini umumkan nama dan logo baru

Opera Software hari ini umumkan nama dan logo baru

Techno.id - Opera Software, perusahaan pengembang aplikasi peramban Opera baru saja mengumumkan bahwa pihaknya hari ini telah resmi berganti nama dan logo. Dalam siaran pers yang diterima tim Techno.id (23/09), nama "Opera Software" kini menjadi lebih singkat, yakni "Opera".

Meski dikenal berfokus di bidang software kategori web browser, perusahaan asal Norwegia ini juga mengumumkan tiga layanan baru. Ketiga layanan baru Opera ini terdiri atas Opera MediaWorks, Bemobi, dan VPN service SurfEasy.

Opera MediaWorks diperkenalkan sebagai layanan bisnis iklan Opera. Sementara itu, Bemobi adalah layanan Opera subscribe berbasis premium. Adapun VPN service SurfEasy adalah untuk meningkatkan layanan web browser Opera dari sisi keamanan.

"Hari ini, kita sudah melihat bahwa Opera adalah perusahaan internet yang lebih dari sekadar menyediakan pengalaman besar dalam beraktivitas online," ujar juru bicara Opera dalam acara pengumuman nama dan logo barunya.

Sementara untuk logo barunya, Opera mengklaim jika logo 3D berbentuk huruf "O" melambangkan sebuah gateway yang luas. Artinya, Opera akan membawa lebih banyak konten, temuan, jawaban, komunikasi, dan masih banyak lagi kepada para penggunanya.

Logo baru Opera juga menjadi identitas baru Opera sebagai perusahaan yang tumbuh menjadi lebih besar dari sekadar perusahaan perangkat lunak menjadi perusahaan internet yang menyediakan berbagai layanan online. Untuk mencerminkan itu, Opera meniadakan kata software dari logonya.

Perlu Anda ketahui, logo baru Opera merupakan hasil kolaborasi antara tim kreatif Opera dengan dua agensi independen: DixonBaxi dari Inggris dan Anti dari Norwegia. DixonBaxi dilaporkan berkontribusi dalam mendefinisikan brand global serta strategi kreatif, sedangkan Anti berkontribusi dalam identitas visual.

Penampilan perdana Logo baru Opera akan akan muncul pertama kali di produk Opera Mini untuk platform iOS. Pihak Opera mengungkapkan, nantinya logo baru akan tersedia secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan untuk semua keluarga Opera, termasuk di semua portfolio produk Opera.

(brl/red)