Nissan perkenalkan prototipe mobil tanpa awaknya

Nissan perkenalkan prototipe mobil tanpa awaknya

Techno.id - Seperti kebanyakan produsen mobil saat ini, perusahaan otomotif asal Jepang, Nissan juga mengenalkan mobil tanpa awak mereka, seperti yang dilansir oleh Engadget.com (01/11/15).

Walaupun begitu, model pertama yang dikenalkan tidak sepenuhnya otonom, pengendara dapat mengendarai mobil dalam kondisi tertentu dalam uji coba. Versi pertama ini akan diproduksi pada tahun 2016 mendatang untuk uji coba di jalan raya.

Kemudian pada tahun 2018, Nissan mengharapkan mobil ini dapat mengubah jalurnya secara otonom, setelah itu tahun 2020 mobil ini sudah siap untuk menavigasi jalan secara penuh tanpa bantuan manusia.

Untuk bisa berjalan seperti yang diharapkan dan berjalan di jalan-jalan yang sibuk, Nissan akan melengkapi mobil dengan sensor laser dengan pengukuran 3D untuk mengukur jarak kendaraan serta objek lain di jalan.

Selain itu, Nissan juga akan melengkapi mobil ini dengan kamera delapan arah dengan view 360 derajat yang membantu sistem navigasi membuat keputusan saat melewati persimpangan.

(brl/red)