Nissan akan luncurkan mobil tanpa awak di Jepang tahun 2016

Nissan akan luncurkan mobil tanpa awak di Jepang tahun 2016

Techno.id - Setelah kemarin Delphi, sebuah perusahaan otomotif asal Inggris menyelesaikan misi mereka mengelilingi Amerika Serikat dengan mobil tanpa awak(self-driving) mereka. Namun kini, Nissan mengatakan mereka juga akan memproduksi mobil self-drive pada tahun 2016 dan akan diluncurkan di Jepang.

Seperti yang dilansir oleh gadgets.ndtv.com (04/04/15), Carlos Ghosn, CEO Nissan mengatakan pernyataan ini di sela-sela gelaran New york International Auto Show di Amerika serikat. Bahkan, Ghosn juga mengatakan bahwa Nissan sudah bekerja sama dengan NASA selama 5 tahun untuk mengembangkan mobil ini. Bahkan, Nissan akan menjalin kerja sama juga dengan pesaingnya yaitu Toyota dan Honda dalam pengembangan mobil tanpa awak ini.

Nissan akan luncurkan mobil tanpa awak di Jepang tahun 2016

Proses pengembangan mobil tanpa awak ini akan dilakukan secara bertahap, dengan memperkenalkan fitur-fitur dari mobil ini terlebih dahulu. Seperti yang dituturkan Ghosn kepada Kyodo News yang dilansir gadgets.ndtv.com (04/04/15).

"Semuanya akan berlangsung bertahap, karena kami ingin memastikan bahwa para pembuat kebijakan di berbagai negara merasa nyaman," tutup Ghosn.

Untuk membuat lancar produksi ini, Nissan juga menggandeng pemerintah Jepang dan beberapa perusahaan-perusahaan raksasa teknologi untuk mendorong mengembangkan mobil ini. Di samping itu, pemerintah jepang kembali meninjau dan menganalisa perihal hukum terkait mobil tanpa awak tersebut. Untuk saat ini, pemerintah Jepang masih melarang mobil tanpa awak beroperasi di jalan-jalan umum Negeri Sakura ini.

(brl/red)