NEC ajak ID-SIRTII stabilkan keamanan cyber di Indonesia

NEC ajak ID-SIRTII stabilkan keamanan cyber di Indonesia

Techno.id - NEC Corporation dikabarkan telah menandatangani MoU dengan Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure Coordination Center atau ID-SIRTII terkait kerja sama di bidang keamanan cyber. Kabarnya NEC dan ID-SIRTII akan merancang model acuan untuk Security Operation Center (SOC) yang memenuhi persyaratan lembaga pemerintahan di Indonesia serta rancangan pengembangan sumber daya manusia yang terperinci untuk pengoperasian SOC.

NEC juga dilaporkan sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan ID-SIRTII terkait pengembangan langkah pencegahan serangan cyber di Indonesia. Seperti dikutip dari Antara (22/9/15), melalui kerja sama ini NEC disebut-sebut akan memanfaatkan informasi intelijen keamanan yang telah dimiliki ID-SIRTII sebelumnya.

"Di Indonesia ada peningkatan permintaan yang semakin tinggi, baik dari pemerintah maupun swasta untuk melindungi aset informasi dengan langkah pencegahan serangan cyber. Nah, kehadiran SOC dari NEC ini sangat berperan penting dalam mendukung upaya kami untuk mendirikan dan mengoperasikan pusat operasi keamanan tingkat nasional," ungkap Rudi Lumanto Excecutive Board ID-SIRTII.

Sementara itu, Hiroyuki Nagano, General Manager National Security Solutions Division NEC Corporation mengungkapkan jika pihaknya sangat senang bisa melakukan kerja sama dengan Indonesia terutama ID. Menurutnya, kerja sama ini adalah bentuk pengakuan akan rekam jejak dari perusahaannya dalam membantu ID-SIRTII dalam menjaga keamanan cyber Indonesia.

"Kami menganggap penandatanganan MoU ini sebagai pengakuan dari ID-SIRTII atas rekam jejak kami yang kuat dalam membangun dan mengoperasikan SOC. Nantinya, melalui kerja sama ini kami berharap bisa memperkuat komitmen dalam membantu mewujudkan ruang cyber yang lebih aman dan anda bagi Indonesia," jelas Nagano.

(brl/red)