NASA temukan planet layak huni seperti bumi

Techno.id - Para ilmuwan di Badan Antariksa Amerika atau NASA baru saja mengumumkan bahwa mereka telah menemukan sebuah planet yang memiliki kriteria layak huni seperti bumi. Planet yang dinamakan Kepler-452b tersebut ditemukan berkat pengamatan luar angkasa NASA melalui teleskop Kepler.

Seperti dilansir oleh USA Today (23/7/15), planet itu disebutkan memiliki kriteria yang mirip dengan bumi karena mempunyai bintang yang mengorbit di sekitarnya seperti matahari. Jon Jenkins dari NASA Ames Research Center menjelaskan bahwa planet memiliki suhu yang tepat dan persediaan air yang cukup untuk menyokong kehidupan selama 6 miliar tahun.

Selain itu, peneliti menjelaskan bahwa planet yang memiliki ukuran diameter 60 persen lebih besar dari diameter bumi ini layak masuk jajaran planet yang bisa dihuni karena memiliki permukaan berbatu yang akan membuat makhluk hidup mendapatkan pijakan untuk menjalani kehidupan. Dengan asumsi permukaan yang berbatu tersebut, Kepler-452b juga dianggap memiliki gunung berapi aktif dan mungkin memiliki atmosfer yang tebal yang sangat cocok untuk kehidupan atau setidaknya sebuah tanaman untuk tumbuh.

Kendati demikian, status layak huni planet yang berjarak 1.400 tahun cahaya atau sekitar 13.518 triliun kilometer dari bumi ini masih belum jelas. Beberapa peneliti seperti Joshua Lada dari Lehigh University misalnya mengungkapkan, sebelum bisa dipastikan planet tersebut bisa layak huni atau tidak, para peneliti wajib melakukan penelitian lebih lanjut. Menurut Lada bisa saja ternyata planet tersebut terbuat dari es atau memiliki kadar hidrogen yang tinggi sehingga tidak cocok untuk dihuni oleh makhluk hidup.