NASA pilih dasar laut sebagai wahana belajar berjalan para astronot

NASA pilih dasar laut sebagai wahana belajar berjalan para astronot

Techno.id - Tahukah Anda jika selama bertahun-tahun lamanya NASA atau badan antariksa Amerika telah mengirim sejumlah astronotnya ke dasar laut untuk belajar bagaimana cara berjalan yang benar ketika di luar angkasa nanti? Program yang diberi nama NASA Extrem Environment Missions Operations (NEEMO) telah melatih bahkan telah menemukan teknik-teknik berjalan baru untuk misi eksplorasi luar angkasa.

Seperti dilansir oleh Engadget (25/6/15), kali ini NASA mengirim para astronot ke dasar laut dalam rangka mempersiapkan misi ekspedisi luar angkasa ke 20 yang dijadwalkan akan segera dimulai. Selain itu, pelatihan ini juga difokuskan untuk mempersiapkan para astronot baik dari NASA, ESA (Eropa), dan JAXA (Jepang) untuk menguji alat-alat baru dan teknik berjalan baru guna menghadapi medan permukaan dan tingkat gravitasi yang berbeda-beda dari asteroid, bulan, dan Mars.

Kumpulan astronot dari tiga negara tersebut dikabarkan juga bakal menguji hardware terbaru besutan ESA, yang memungkinkan para astronot untuk membaca petunjuk pada halaman berikutnya dari manual digital tanpa perlu mengganggu kegiatan lainnya. Selain itu, para astronot juga kabarnya akan menguji perangkat komunikasi, mengingat misi eksplorasi selanjutnya lebih jauh dari ISS.

Para astronot tersebut akan menghabiskan 14 hari masa pelatihan yang akan dilakukan di Laboratorium Aquarius. Laboratorium tersebut kabarnya terletak 18,9 meter di bawah permukaan laut dan beberapa kilometer jauhnya dari Key Largo, sebuah semenanjung yang terletak di Florida, Amerika Serikat.

(brl/red)