NASA kembangkan pesawat tanpa awak dengan sepuluh mesin listrik

NASA kembangkan pesawat tanpa awak dengan sepuluh mesin listrik

Techno.id - Belakangan ini, drone atau pesawat tanpa awak sedang digemari di kalangan masyarakat menengah ke atas. Mainan dengan harga selangit ini telah memikat banyak orang lantaran sistem kerjanya yang mirip helicopter namun bisa digunakan untuk mengambil gambar dari langit. Nah, mainan yang digandrungi masyarakat ini juga tengah dikembangkan oleh NASA.

NASA membuat pesawat tanpa awak dengan sepuluh mesin listrik yang dijuluki dengan Greased Lightning (GL-10). Pesawat ini tidak seperti drone pada umumnya yang memiliki empat baling-baling. Greased Lightning ini dikembangkan NASA dengan tambahan delapan motor listrik di sayap dan dua motor listrik di ekornya, seperti dilaporkan Gizmodo (3/5/2015).

Drone buatan NASA memiliki keistimewaan pada saat take-off dan landing. Pasalnya, Greased Lightning bisa terbang menyerupai helicopter walau tampangnya lebih mirip pesawat tempur. Jadi, pesawat ini tidak memerlukan jalur khusus untuk take-off maupun landing.

NASA berharap agar GL-10 kelak dapat dimanfaatkan sebagai pengawasan pertanian, pemetaan, pengiriman paket, dan lain-lain. Apakah Anda akan membeli pesawat ini, jika NASA bersedia menjualnya ke publik?

(brl/red)