Mobil listrik bertenaga surya buatan ITS hari ini tur Jawa-Bali

Mobil listrik bertenaga surya buatan ITS hari ini tur Jawa-Bali

Techno.id - Bertepatan dengan peringatan 70 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, Widya Wahana V bersiap untuk unjuk gigi. Mobil listrik bertenaga surya buatan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu akan diujicobakan untuk mengarungi jalanan dari Jakarta hingga Bali mulai hari ini.

Seperti dikutip dari Antara (17/08/15), kendaraan ramah lingkungan yang dapat mengangkut dua orang itu akan berjalan sejauh 1.200km. Dalam tur Jawa-Bali ini, mobil yang dapat melaju hingga 150km/jam itu akan berhenti di Semarang dan Banyuwangi sebelum melewati garis finish, yakni di Denpasar.

Adapun tujuan dari uji coba ini ialah sebagai pemanasan sebelum berpartisipasi di World Solar Challenge di Australia.

"Tour de Java Bali ini menjadi uji coba sebelum ikut World Solar Challenge di Australia pada bulan Oktober, melintasi Australia mulai dari Darwin hingga Adelaide," terang dosen pembimbing Tim mobil balap surya ITS, Nur Yuniarto, di Jakarta.

Widya Wahana V bergerak menggunakan motor listrik berkekuatan 12x2 kw dan sanggup menempuh jarak tempuh hingga 700km dalam sekali charge. Mobil yang sudah dikembangkan sejak 2013 itu memiliki carbon fiber body dan chassis berupa semi monocoque poly-propane Honeycomb serta baterai lithium ion high capacity 97,2 volt DC, 15 Kwh.

(brl/red)