Militer AS kembangkan software pembaca pikiran, untuk apa?

Militer AS kembangkan software pembaca pikiran, untuk apa?

Techno.id - Melalui MIND (Mission Impact Through Neurotechnology Design) Lab, badan intelijen Amerika dikabarkan tengah mengembangkan sebuah software yang dapat membaca pikiran manusia. Dr Anthony Ries, penanggung jawab penelitian mengungkapkan bahwa software rancangannya ini dapat menafsirkan gelombang otak dari kebiasaan mata dalam melihat serangkaian gambar yang di tampilkan dalam sebuah komputer.

Seperti dilaporkan oleh Engadget (7/11/15), software ini dapat mengenali pikiran manusia dengan hanya mengandalkan tatapan dalam kurun waktu 1 detik. Setiap pandangan dilaporkan dapat merepresentasikan gelombang otak subjek sehingga secara keseluruhan dapat menggambarkan apa yang dipikirkan oleh manusia.

"Setiap pandangan terhadap objek yang dianggap penting yang ditampilkan oleh software maka otak bakal memicu respon pengakuan. Ini dapat menggambarkan bagaimana otak manusia berpikir dan bekerja," ujar Dr Ries.

Lebih lanjut Dr Ries mengatakan jika perangkat ini nantinya diharapkan dapat membantu mempermudah pekerjaan di masa depan. Selain itu, perangkat juga diharapkan dapat membantu para peneliti di masa depan mempelajari apa yang dipikirkan seseorang untuk membantunya mengatasi masalah, kaitannya dengan kesehatan mental manusia.

Militer AS kembangkan software pembaca pikiran, untuk apa?

Dr Anthony Ries nampak menguji coba perangkat pembaca pikiran manusia kepada prajurit Amerika 2015 US Army

(brl/red)