Menristek dukung sepenuhnya teknologi penyembuh kanker dari Indonesia

Menristek dukung sepenuhnya teknologi penyembuh kanker dari Indonesia

Techno.id - Beberapa waktu lalu, hasil riset Dr. Warsito Purwo Taruno menjadi kontroversi. Padahal inovasinya tergolong luar biasa, karena ia berhasil mengembangkan sebuah alat yang bisa membersihkan sel-sel kanker yang ada di tubuh pasien. Polemik datang saat pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta agar kegiatan pengembangan riset itu dihentikan.

Terkait hal ini, Menristek Dikti, Muhammad Nasir, menyatakan bakal mendukung penuh inovasi dari Dr. Warsito. Ia hanya berpesan agar ke depannya, riset tersebut turut melibatkan dokter melalui koordinasi Kemenkes. Tujuannya ialah agar riset tersebut hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

"Kita akan koordinasi dengan Menteri Kesehatan dan kami tetap mendukung proses inovasi ke depannya," terangnya pada Antara (08/12/15).

Sumber yang sama turut menyebutkan jika Warsito sudah terbuka dan bersedia untuk melakukan kolaborasi riset dengan dukungan dari pemerintah ini. Ia juga sudah mengomunikasikan hal ini dan siap menaati regulasi yang ada.

"Kalau memang Kemenkes akan melakukan evaluasi, kita akan mengikuti," kata peraih gelar S3 Teknik Elektro di Shizouka University Jepang itu.

(brl/red)