Menkominfo kembangkan OTT Nasional untuk tingkatkan perekonomian

Menkominfo kembangkan OTT Nasional untuk tingkatkan perekonomian

Techno.id - Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara akan mengembangkan layanan berbasis internet (over the top/OTT) nasional agar dapat bersaing dengan OTT internasional seperti Facebook dan Twitter.

"Pemain sudah ada, secepat mungkin mencapai 20-30 juta pelanggan sehingga mempunyai skala ekonomis," katanya kepada pers dalam pembukaan Indonesia Cellular Show di Jakarta Convention Center, seperti yang dilansir AntaraNews (10/6/15).

Rudiantara juga mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya memfasilitasi pemain OTT lokal dengan para operator di Indonesia. Namun, usaha yang baik ini sepatutnya juga mendapat dukungan dari masyarakat sehingga dapat berkembang sekaligus memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional.

OTT nasional ini juga akan mendapat dukungan dari Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi seluruh Indonesia, Alexander Rusli. Ia mengatakan tidak akan setengah-setengah dalam mendukung pengembangan OTT nasional.

"Bila OTT nasional bisa mencapai 20-30 juta pelanggan, maka hal itu akan mendorong pertumbuhan industri dan memiliki skala ekonomis," ujarnya.

Saat ini, Indonesia masih dikuasai oleh OTT internasional seperti Twitter, Facebook, dan Line. Bahkan, untuk Twitter saja penggunanya sudah mencapai 40 juta pelanggan di Indonesia. Dengan demikian, Indonesia harus berusaha lebih keras untuk mengalahkan OTT internasional.

(brl/red)