Menkominfo janji sediakan program m-Fish untuk nelayan di Maluku

Menkominfo janji sediakan program m-Fish untuk nelayan di Maluku

Techno.id - Pemerintah terus menunjukkan perhatian serta kepedulian pada masyarakat kecil, seperti nelayan. Buktinya, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Rudiantara, telah berjanji untuk membantu pekerjaan nelayan dari Maluku. Caranya yaitu dengan mengupayakan tersedianya aplikasi m-Fish untuk nelayan di daerah sana.

Namun, Rudiantara tak serta merta akan memberikan layanan itu. Ia pun melemparkan syarat penyediaan m-Fish yang harus dipenuhi oleh pemerintah setempat.

"Kita akan coba bicarakan, asalkan saya diberitahukan lokasinya, jumlah nelayannya, dan ada LSM pendamping. Permasalahannya, LSM pendamping ini yang tidak ada karena pemerintah tidak bisa mendampingi terus-menerus," ujarnya, seperti dikutip wartawan Antara (05/07/15).

Aplikasi m-Fish sendiri ialah program yang diciptakan untuk memudahkan nelayan dalam menangkap ikan. Adapun manfaat yang bisa didapat dari m-Fish, antara lain memperkirakan cuaca terbaik untuk melaut dan menunjukkan letak ikan berkumpul.

Meski tak semua wilayah pedesaan kebagian jaringan internet, nelayan di Maluku tak usah khawatir. Sebab, m-Fish dapat bekerja menggunakan jaringan satelit. Rudiantara pun menargetkan kalau paling lambat tahun 2018 nanti, daerah seperti Maluku sudah kebagian internet berkat koneksi dari kabel optik.

(brl/red)