Mengapa tak semua kamera smartphone dibekali OIS? Ini jawabannya...

Mengapa tak semua kamera smartphone dibekali OIS? Ini jawabannya...

Techno.id - Permasalahan yang sering muncul saat mengabadikan momen dengan kamera adalah gambar yang bergoyang. Jika Anda menggunakan kamera DSLR, solusinya adalah dengan menaikkan shutterspeed pada kecepatan lebih tinggi, atau bisa juga direduksi dengan menggunakan lensa yang dibekali dengan VR atau Vibration Reduction.

Namun bagaimana jika menggunakan kamera ponsel yang tak dibekali dengan pengaturan kecepatan buka rana? Beberapa ponsel high-end dibekali dengan fitur yang bernama Optical Image Stabilization (OIS). Apa sebenarnya OIS, dan mengapa tak semua ponsel memilikinya?

Seperti yang dilansir oleh Gizmag pada hari Rabu (09/03/16) lalu, OIS sebenarnya sudah banyak digunakan pada kamera pocket serta lensa DSLR sejak tahun 90an. Fitur ini terbukti mampu menahan getaran saat hendak mengabadikan momen, baik foto maupun video.

Mengapa tak semua kamera smartphone dibekali OIS? Ini jawabannya...

20 tahun kemudian, fitur ini telah berhasil disematkan pada image sensor kamera ponsel yang ukurannya jauh lebih kecil dibanding DSLR atau bahkan kamera saku. Karena image sensor kecil itulah yang menyebabkan kurangnya cahaya masuk, dan secara otomatis ketika exposure-nya ditambah, maka gambar yang didapat kurang maksimal karena goyang atau blur.

Teknologi OIS inilah yang kemudian diadopsi oleh beberapa ponsel kelas atas sehingga mampu menangkap gambar dengan lebih baik meski dalam kondisi gelap sekalipun. Lalu mengapa hanya kamera high end saja yang mengadaptasi teknologi OIS?

Karena OIS pada ponsel membutuhkan modul tersendiri, maka biasanya hanya smartphone high-end atau yang berukuran besar saja yang memilikinya. Ponsel terbaru yang telah menggunakan OIS adalah Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge, atau LG G5.

Dari ranah iOS, hanya iPhone 6 Plus dan 6s Plus saja yang memilikinya. Alasannya sudah jelas, dimensi yang kecil tak memungkinkan untuk menyimpan OIS.

Mengapa tak semua kamera smartphone dibekali OIS? Ini jawabannya...

Ilustrasi perbedaan hasil gambar dengan dan tanpa OIS
2016 gizmag.com/gizmag.com

(brl/red)