Mark Zuckerberg ingin berantas kemiskinan dengan internet

Mark Zuckerberg ingin berantas kemiskinan dengan internet

Techno.id - Pada kunjungannya ke PBB kemarin, Mark Zuckerberg menyatakan niatnya untuk membawa akses internet ke semua orang di dunia pada tahun 2020. Niat mulai ini merupakan bagian dari upaya PBB untuk memberantas kemiskinan di tahun 2030.

"Ketika orang memiliki akses ke perangkat internet, mereka memiliki kesempatan untuk membuat hidup lebih baik," dalam penyataan yang ditandatangani oleh Mark Zuckerberg, Bill, dan Melinda Gates, yang telah menyumbangkan kekayaan mereka untuk kegiatan filantropi.

Mark Zuckerberg juga menambahkan dalam postingannya di Facebook bahwa setiap 10 orang yang terhubung ke internet dapat mengentaskan 1 orang dari kemiskinan, seperti yang dikutip dari Phys (26/9/15).

"Jika kita menghubungkan lebih dari 4 miliar orang yang belum online, kita akan memiliki kesempatan bersejarah untuk mengangkat seluruh dunia (dari kemiskinan) dalam beberapa dekade mendatang," tulisnya di Facebook.

Rencana ini menurut PBB akan membutuhkan dana sekitar $ 3,5 sampai $ 5 triliun per tahun. Menurut Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, sementara ini masih terpenuhi dana sekitar $ 25 miliar dari bantuan beberapa pegiat. Sedangkan dari pemerintah Amerika Serikat, Kanada, Jerman, dan Swedia sudah terkumpul dana sekitar $ 3,3 miliar.

Berbeda dari kebanyakan, Bill dan Melinda Gates Foundation lebih memilih menyalurkan bantuannya ke sektor kesehatan dan pendidikan untuk anak perempuan.

"Kesehatan dan pendidikan anak-anak perempuan itu penting untuk upaya anti-kemiskinan," kata Melinda Gates, istri dari Bill Gates.

(brl/red)