Mari arahkan anak Anda untuk gunakan Kiddle, bukan Google lagi

Mari arahkan anak Anda untuk gunakan Kiddle, bukan Google lagi

Techno.id - Saat ini, sulit rasanya untuk tidak bersinggungan dengan Google. Tak ayal, situs pencarian terpopuler itu pun digunakan dari orang dewasa sampai pelajar dan anak-anak. Sayang, Google pada dasarnya tidak didesain untuk pengguna di bawah umur.

Mengarahkan si kecil untuk mencoba Kiddle mungkin bisa menjadi solusi. Visual search engine yang beralamat di www.kiddle.co itu dikustomisasi khusus untuk anak-anak dengan bantuan Google Custom Search. Karena ditujukan untuk netizen muda, Kiddle pun menawarkan beragam keuntungan, mulai dari interface yang menarik, memprioritaskan hasil pencarian yang cocok untuk pembaca anak-anak, serta perlindungan data user.

Ketika diakses, tampilan laman utama Kiddle memang sedikit berbeda dengan search engine lain yang sudah umum. Di depan, user akan disambut oleh robot berwarna merah yang lucu dengan gambar latar seperti di luar angkasa. Namun karakter Google tetap terbawa dan bisa dilihat dari logo Kiddle yang terdiri dari huruf berwarna-warni. Begitu masuk ke hasil pencarian, pengguna bakal mendapati serentetan link dengangambar thumbnail dan font yang lebih besar.Tentu saja style seperti ini lebih menarik daripada milik Google.

Sedangkan dari hasil pencarian, Kiddlemengklaim konten yang mereka tampilkan aman dikonsumsi user di bawah umur. Sebab, mereka memiliki tim editor sendiri sebagai kuratorhasil pencarian, terutama di tiga link teratas. Sementara hasil pencarian selanjutnya mengandung konten yang lebih berat tetapi dinilai tetap layak dikonsumsioleh anak-anak.

Yang cukup menarik, Kiddle tidak berniat untuk mengumpulkan informasi personal user-nya. Mereka bahkan menghapus logs-nya setiap 24 jam sekali. Tentukomitmen iniberseberangan dengan sejumlah situs populer yangmenggunakan data pengaksesnya untuk kepentingan advertiser.

Bagaimana? Tertarik mengajak si kecil beralih ke Kiddle?

(brl/red)