Manfaatkan Twitter, FPRB Bengkulu kampanye pengurangan risiko bencana

Manfaatkan Twitter, FPRB Bengkulu kampanye pengurangan risiko bencana

Techno.id - Forum Pengurangan Risiko Bencana alias FPRB daerah Bengkulu dilaporkan memanfaatkan Twitter untuk mengampanyekan isu pengurangan risiko bencana. Menurut Susilo Budhi Sulistyo, Manager Program Platform Nasional (Planas) PRB, Twitter merupakan media strategis untuk mengampanyekan isu-isu tersebut karena penggunanya yang cukup banyak di Indonesia.

Susilo sebagaimana dilansir oleh Antara (8/3/16) mengungkapkan jika Twitter dan media sosial pada umumnya merupakan salah satu alat yang efektif untuk menyebarluaskan nilai-nilai PRB, terlebih Indonesia juga memiliki jumlah pengguna Twitter terbanyak ketiga di dunia.

"Dengan kualitas jaringan internet yang belum memadai saja jumlah pengguna Twitter di Indonesia sudah mencapai 50 juta akun. Apalagi kalau kualitas jaringan internet sama seperti di negara maju, maka bisa dibayangkan dampak dari penggunaan media sosial ini," jelasnya.

Untuk memulai proses kampanye isu-isu PRB via Twitter, Planas pun melatih anggota FPRB di Bengkulu dan Jawa timur. Ali Akbar, Ketua FPRB Bengkulu pun berharap melalui pelatihan ini kampanye nilai-nilai pengurangan risiko bencana bisa dilakukan secara masif melalui jejaring sosial Twitter.

"Mereka dilatih untuk memahami kampanye tentang pengurangan risiko bencana melalui Twitter dan cara membuat pesan yang menarik sehingga memiliki banyak followers," pungkas Ali.

(brl/red)