Mahasiswa Swedia membuat mesin cuci piring dari printer 3D

Mahasiswa Swedia membuat mesin cuci piring dari printer 3D

Techno.id - Sulitnya mencari kerja membuat seorang mahasiswa di Swedia menghabiskan banyak waktu di rumah. Setiap harinya dia membantu membersihkan perabotan rumah untuk meringankan beban orang tuanya. Namun, lama-kelamaan mahasiswa yang bernama Filip Sjoo ini merasa bosan membersihkan begitu banyak piring kotor. Dari sinilah muncul ide untuk membuat mesin pencuci piring.

Berbekal keterampilan mendesain dengan CAD (Computer Aided Design) dan keahlian mengoperasikan Solidworks 3D menjadikan Filip mampu membuat sendiri mesin pencuci piring. Mahasiswa berusia 22 tahun ini menciptakan mesin pencuci piring dari beberapa roda gerigi yang dicetak dari printer 3D.

Pernah melihat kincir air? Ya, mesin buatan Filip ini memiliki sistem gerak yang sama dengan kincir air. Air yang keluar dari kran akan mengenai beberapa roda gerigi yang membuatnya terus berputar. Gerak putaran roda tersebut dimanfaatkan Filip untuk menggerakkan mesin pencuci piring, seperti yang dilaporkan oleh WonderfulEngineering.

Ide mahasiswa ini memang sederhana, bahkan mesin cuci buatannya tidak membutuhkan listrik sama sekali. Mesin cuci piring ini hanya menggunakan gagang plastik yang ujungnya diberi sikat sebagai pembersih piring.

Bila dibandingkan dengan mencuci piring menggunakan tangan, pastinya lebih terasa ringan apabila menggunakan mesin pencuci piring buatan Filip. Pasalnya, pengguna hanya memegangi piring saja tanpa perlu menggosoknya. Ini yang disukai Filip dari mesin cuci buatannya.

Filip Sjoo juga mengatakan bahwa dalam membuat mesin pencuci piring, ternyata tidak semudah yang dia bayangkan. Tahap tersulit dalam pembuatan mesinnya yaitu ketika memasang mesin ke kran air dan proses mencetak desain mesin cuci piring. Namun, dengan beberapa kali kegagalan akhirnya mesin cuci piring ini dapat bergerak dengan sempurna. Nantinya, mesin cuci piring ini akan dikembangkan lagi agar dapat meringankan pekerjaan rumah sehari-hari.

(brl/red)