Mahasiswa Brawijaya Malang kalahkan ITS dan PENS dengan alat saringan

Mahasiswa Brawijaya Malang kalahkan ITS dan PENS dengan alat saringan

Techno.id - Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, telah menciptakan alat penyaring udara kotor yang dinamakan Automatic Sedot Asap Polusi (ASAP). Alat penyaring udara kotor yang dibuat oleh lima orang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer ini telah diikutsertakan dalam ajang Blue Techno Festival di Bandung pada awal bulan Februari.

Ternyata, keikutsertaan yang awalnya hanya untuk mencari pengalaman ini justru meraih juara 1 pada kategori Hardware. Bahkan, berkat alat penyaring ASAP, Universitas Brawijaya Malang berhasil mengalahkan 16 tim lainnya dari berbagai universitas di Indonesia, seperti ITS, PENS, Universitas Telkom, dan Trisakti.

Salah satu anggota tim ASAP yang bernama Bagus Prasetyo mengatakan bahwa kami tergerak membuat ASAP karena kasus polusi asap di Kalimantan beberapa waktu lalu yang berdampak pada terganggunya berbagai kegiatan, termasuk perekonomian dan transportasi, seperti yang dilaporkan oleh AntaraNews (29/2/2016).

Bagus Prasetyo juga mengatakan bahwa ASAP merupakan instrumen cerdas yang mampu mendeteksi dan menyedot udara kotor secara otomatis. Di dalam ASAP terdapat tiga sensor yang masing-masing berfungsi sebagai pendeteksi asap, karbon monoksida, dan suhu udara.

Tak hanya itu, ASAP dirancang menggunakan konsep ramah lingkungan yang memanfaatkan panel surya sebagai sumber tenaga penggeraknya. ASAP juga mampu menganalisa kualitas udara yang disaring dan kemudian dikirimkan ke masyarakat melalui jaringan internet.

Mahasiswa Brawijaya Malang kalahkan ITS dan PENS dengan alat saringan

Tim ASAP Universitas Brawijaya Malang
2016 filkom.ub.ac.id/filkom.ub.ac.id

Bagus juga mengaku akan terus mengembangkan alat ini dengan empat teman lainnya, yakni Hedy Pamungkas, Rafi Fajar Hidayat, Fungky Pandu Fantara, dan Yandra Charlos.

(brl/red)