LIPI teliti pengolahan urine sapi jadi biourine dan siapkan patennya

LIPI teliti pengolahan urine sapi jadi biourine dan siapkan patennya

Techno.id - Sebagai pihak yang berhak untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan ilmu pengetahuan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terus bekerja dalam kapasitasnya. Kabar terbaru menyebutkan kalau LIPI sudah melakukan pengkajian terkait pengolahan urine sapi menjadi biourine.

Seperti dilaporkan oleh Antara (10/08/15), dalam proyek ini, LIPI dibantu oleh Pemda Kampar Provinsi Riau melalui Program Rumah Tangga Mandiri Pangan Energi (RTMPE). Kemarin, rombongan dari LIPI langsung meninjau lahan percontohan RTMPE di Kampar.

"Kami di sini langsung melihat apa yang dihasilkan oleh RTMPE. Hasil dari kotoran sapi yang diolah menjadi pupuk ini kita bawa ke LIPI untuk diteliti dan dikeluarkan hak patennya," terang pimpinan rombongan dari LIPI, Profesor Dr Bambang Subiyanto.

Harapannya, dukungan penelitian dan persiapan paten dari LIPI bisa membuat status program biourine sah dan resmi.

"Ini berguna agar produk khususnya yang dihasilkan biourine dan pupuk padat kotoran sapi memiliki sertifikat hak paten yang disahkan Pemerintah Republik Indonesia melalui LIPI," tambahnya.

Di sisi lain, Bupati Kampar, Jefry Noer, mengatakan, pihaknya sangat serius untuk mendapatkan Hak Paten dari hasil pupuk padat dan cair serta biogas itu.

"Ini penting, kalau tidak ada itu, produk unggul ini mudah untuk dipalsukan dan disalahgunakan oleh pihak lain," katanya.

(brl/red)