Larang Go-Jek dan Uber, Menhub didukung Organda

Larang Go-Jek dan Uber, Menhub didukung Organda

Techno.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan baru saja mengeluarkan surat keputusan melarang layanan aplikasi transportasi online beroperasi. Kebijakan baru ini secara otomatis berdampak untuk Uber, Go-Jek maupun GrabTaxi dipakai masyarakat.

Kebijakan baru yang digelontorkan Kementerian Perhubungan ini mendapat apresiasi dari Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta. Organisasi angkutan umum itu menilai layanan transportasi online bisa merangsang pertumbuhan transportasi ilegal.

"O iya... saya sepakat kebijakan yang telah diambil Menhub. Karena jika dibiarkan, pertumbuhan ilegal transportasi ini tidak terkendali. Baik itu ojek, GrabBike atau Uber," kata Shafruhan Sinungan, Ketua Organda DKI Jakarta.

Menanggapi kekhawatiran akan banyaknya pengganguran pasca dilarangnya layanan transportasi online yang mungkin muncul, Shafruhan mengaku pihak Organda siap menampung para 'alumni' Uber, Go-Jek maupun GrabBike yang terpaksa kehilangan pekerjaan.

"Jika masalah lapangan kerja jadi masalah, Organda bisa menampung mereka, asalkan memenuhi kualifikasi sesuai yang dibutuhkan. Punya keahlian mengemudi dan punya SIM," tambah Shafruhan saat dihubungi, Jumat (18/12/2015).

Sebelumnya diberitakan bahwa pelarangan beroperasinya layanan transportasi online tersebut tertuang dalam surat Pemberitahuan Nomor UM.3012/1/21/Phb/2015 yang ditandatangani oleh Menteri Perhubungan (Menhub) tertanggal 9 November 2015.

(brl/red)