Langit Indonesia sebelah mana yang kebagian uji coba balon Google?

Langit Indonesia sebelah mana yang kebagian uji coba balon Google?

Techno.id - Penggunaan balon Google untuk menyebar akses internet di atas langit Indonesia sudah disepakati oleh tiga operator seluler, antara lain Telkomsel, Indosat dan XL. Rencananya uji coba proyek inovasi yang dikembangkan Google dengan nama Project Loon ini bakal difokuskan bagi masyarakat di wilayah bagian timur Indonesia.

Akan tetapi, hingga saat ini operator yang bekerja sama untuk menguji coba balon internet Google mengaku masih belum tahu secara pasti wilayah mana saja yang akan jadi daerah cakupannya. Hal itu diakui Lindayanti Harjono selaku VP LTE Komersial Telkomsel yang ditemui di sela acara peluncuran produk terbaru smartphone 4G Evercoss.

"Kita belum tahu. Kalau gak salah, itu masih didiskusikan. Nanti akan dikoordinasikan. Kan baru kemarin Pak Menteri ke Silicon Valley. Ini kan karena usaha bersama ya, jadinya bakal didiskusikan nanti secara bersama-sama," ujar Lindayanti di Hotel JS Luwansa Jakarta, Selasa (10/11/2015).

Ia pun masih terlihat enggan untuk mengungkapkan secara gamblang wilayah mana saja yang diharapkan Telkomsel untuk jadi lokasi pengujian proyek balon internet Google tersebut. Lindayanti menuturkan pihaknya masih akan berdiskusi lebih lanjut dengan berbagai pihak dalam menentukan pembagian wilayah cakupan.

"Kita kan enggak bisa milih di mana dan kita belum tahu ada berapa titik untuk uji coba ini. Nanti didiskusikan juga dengan operator lain dan Kemenkominfo. Tapi yang jelas uji cobanya dilakukan di remote area. Karena Project Loon memang kan untuk perbatasan ya," imbuh Lindayanti.

Ditemui menggunakan proyek uji coba ini tak bisa dilakukan di Jakarta. Pasalnya, kata dia, trafik Jakarta yang penuh menjadikan alasan kenapa balon internet Google diprioritaskan di daerah perbatasan.

"Ya, namanya juga uji coba, kalau di Jakarta kan penuh trafiknya. Gak mungkin lah. Masih sekadar uji coba jadi ya kita pilih di tempat lain dulu selain di Jakarta," tuturnya.

Uji coba yang dilakukan operator seluler di Indonesia bersama Google lewat Project Loon diharapkan bisa membuat penetrasi akses internet semakin cepat. Ketiga operator seluler Indonesia yang sudah sepakat terlibat dalam uji coba ini mengaku telah mengalokasikan spektrum di frekuensi 900 Mhz untuk bisa digunakan Project Loon.

(brl/red)