Lagi, Google tegaskan lebih prioritaskan situs ramah mobile

Lagi, Google tegaskan lebih prioritaskan situs ramah mobile

Techno.id - Untuk yang kesekian kalinya, Google kembali mengumumkan bahwa mereka akan memprioritaskan hasil pencarian ke situs ramah mobile. Menurut laman resmi Google Webmaster Central Blog (16/03), kebijakan ini mulai berlaku pada Mei 2016 mendatang.

"Hari ini, kami mengumumkan bahwa mulai bulan Mei 2016 mendatang, kami akan meluncurkan pembaruan (algoritma) untuk meningkatkan efek dari hasil pencarian mobile ke situs-situs relevan dan lebih ramah mobile," tulis Google.

Dari kutipan di atas, Google memang tidak merinci dampak algoritma baru mereka terhadap situs-situs yang masih ramah desktop. Namun menurut sejumlah spekulasi, pembaruan algoritma ini berpotensi lebih mengancam laman-laman yang masih menggunakan versi desktop.

Sejauh ini, sudah ada dua langkah konkret Google dalam memanjakan situs ramah mobile. Pertama, yaitu menampilkan label "mobile-friendly" di halaman hasil pencarian. Kedua, menjanjikan peringkat hasil pencarian yang lebih tinggi terhadap situs ramah mobile.

Lagi, Google tegaskan lebih prioritaskan situs ramah mobile

Ilustrasi situs ramah mobile
2016 techno.id

Dari sisi end-user, maka hal ini merupakan sebuah kabar gembira bagi para pemilik gadget. Namun dari sisi pemilik atau pengelola situs, mereka tidak memiliki banyak pilihan selain menggunakan layout situs yang lebih ramah mobile.

(brl/red)