Ketahui kapan waktu yang tepat untuk ganti baterai perangkat Apple

Ketahui kapan waktu yang tepat untuk ganti baterai perangkat Apple

Techno.id - Tak semua baterai gadget diciptakan sama pada setiap perangkat. Namun, ada satu hal yang pasti dari baterai tersebut, semuanya akan kehilangan kapasitas dari waktu ke waktu. Untungnya, baterai lithium-ion di MacBook dan iPhone tidak demikian. Baterai buatan Apple dibuat lebih lama bertahan hidup hingga beberapa tahun sebelum akhirnya baterai tersebut juga akan menemui 'ajalnya'.

Baterai secara berangsur-angsur akan mengalami penurunan kemampuan menyimpan daya. Hal ini karena aplikasi yang dijalankan pada suatu perangkat terlalu berlebihan. Terlebih, jika gadget tersebut dimainkan terus-menerus hingga memicu suhu baterai menjadi tinggi dan akhirnya baterai tidak mau bekerja dengan baik.

Namun, sebagai pengguna yang baik, Anda tak boleh membiarkan baterai gadget Anda mengalami hal tersebut. Anda juga harus tahu, kapan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan suatu perangkat. Kalau perlu Anda juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti baterai, seperti yang disadur dari WonderHowTo (25/8/15).

Salah satu cara termudah untuk mengetahui keadaan baterai Anda adalah dengan menggunakan aplikasi coconutBattery. Aplikasi ini dapat menampilkan grafik medis dari MacBook dan iPhone Anda. Beberapa informasi yang dapat ditampilkan coconutBattery antara lain model, versi iOS, tanggal pembuatan, ruang penyimpanan yang digunakan, tingkat penggunaan saat ini dan maksimal, kapasitas desain, siklus pengisian, suhu, dan info pengisian daya.

Ketahui kapan waktu yang tepat untuk ganti baterai perangkat Apple

(brl/red)