Kementerian Agama tantang pengembang bikin game Kerukunan Umat

Kementerian Agama tantang pengembang bikin game Kerukunan Umat

Techno.id - Kerukunan umat beragama merupakan faktor penting dalam persatuan Indonesia yang memiliki warga dengan berbagai kepercayaan. Menyadari kebutuhan mempererat persatuan Indonesia lewat kerukunan antar umat, sebuah lomba bertajuk Kerukunan Umat Beragama 2015 pun digelar.

Lomba ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk menjaring berbagai kreativitas dari masyarakat. Hal yang menarik dari lomba ini ialah terdapat kategori pengembangan game berbasis mobile pada kompetisi yang dibuka mulai 1 Juli sampai 10 Oktober 2015 tersebut.

Kompetisi ini terbuka untuk diikuti kalangan pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum. Peserta diwajibkan memilih ide maupun alur permainan game yang mengusung semangat kerukunan antar umat beragama baik berupa gambaran tentang kehidupan masyarakat atau relasi antaragama yang harmonis maupun fenomena sosial yang mencerminkan kerukunan.

Dalam ketentuan perlombaan tertulis bahwa peserta dapat mengembangkan game mobile untuk kompetisi ini dalam bentuk Java Game atau Android Game. Peserta juga diizinkan untuk melakukan pengembangan game yang diikutsertakan pada kompetisi menggunakan game engine yang tersedia.

Soal penilaian, penyelenggara akan menilai karya dari beberapa aspek di antaranya substansi sebesar 40 poin; kualitas UX, UI, Sound FX, gameplay sebesar 40 poin; dan performa game yang dapat berjalan baik di mayoritas game sebesar 20 poin.

Kementerian Agama juga menyediakan hadiah yang cukup menggiurkan, yakni hadiah untuk Juara 1 Rp18 juta, Juara 2 Rp8 juta, dan Juara 3 Rp4 juta di kategori pelajar/mahasiswa. Sedangkan untuk kategori umum, hadiah yang disediakan bagi Juara sebesar Rp60 juta dan Runner Up Rp20 juta.

Tertarik berpartisipasi dalam kompetisi bertema kerukunan umat beragama ini? Lihat dulu semua informasi lengkapnya di situs resminya berikut.

(brl/red)