Kecewa Opera akan dijual, sang founder sarankan user tinggalkan Opera

Kecewa Opera akan dijual, sang founder sarankan user tinggalkan Opera

Techno.id - Belum lama ini, tersiar kabar jika Opera Software bakal menjadi milik konsorsium Tiongkok, kalau tawaran akuisisi senilai Rp16 triliun diterima. Menariknya, pihak internal Opera dan segelintir shareholder turut mendukung terjadinya akuisisi tersebut.

Hal ini pun membuat Jon von Tetzchner, sang co-founder terluka. Pria yang membangun Opera tahun 1994 silam bersama rekannya Geir Ivarsy itu seakan tak terima perusahaan yang ia dirikan harus kehilangan independensinya. Apalagi, dengan usianya yang 20 tahun lebih, Opera ia nilai sudah memiliki basis user yang sangat besar dengan dukungannya yang tak ternilai lagi.

Kekecewaan itu diarahkan Jon untuk mengajak pengguna Opera untuk bermigrasi ke Vivaldi Browser. Ya, pasca turun dari kursi CEO dan hengkang dari Opera tahun 2011 lalu, Jon mendirikan perusahaan pembuat browser lain. Kini, ia tercatat sebagai co-founder sekaligus CEO Vivaldi.

"Namun semangat itu tetap hidup. Kami membawanya dan membuat Vivaldi, browser baru dengan etos dan filosofi yang sama, yakni users-first," Jon memersuasi lewat sebuah video berdurasi 49 detik yang diunggah akun Vivaldi Browser di YouTube.

Vivaldi sendiri baru lahir di awal tahun 2015. Pada November tahun lalu, versi Beta dari Vivaldi akhirnya dirilis.

(brl/red)