Kaspersky: Penjahat cyber mulai mengintai konsumen belanja online

Kaspersky: Penjahat cyber mulai mengintai konsumen belanja online

Techno.id - Dekat dengan libur Natal, memang banyak diskon dari e-commerce yang menggairahkan namun Anda juga harus berhati-hati. Pasalnya, para penjahat cyber juga memanfaatkan momen ini untuk mengambil keuntungan.

Seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (24/12/15), para penjahat cyber bisa mencari celah saat Anda lengah dan mengirimkan situs-situs dengan promo menarik yang telah mereka susupi. Maka dari itu, untuk tetap aman saat berbelanja online maka lakukan cara-cara aman ini yang dirangkum oleh Kaspersky Lab.

  1. Hindari ransomware atau jangan membuka lampiran email yang berasal dari situs yang tidak dikenal, dan ingatlah untuk selalu melakukan back up data Anda.

  2. Waspada terhadap situs phising jangan mengklik link-link mencurigakan yang dikirim melalui email, SMS atau messanger.

  3. Buatlah password yang kuat dengan menggunakan kombinasikan huruf, angka dan karakter unik untuk membuat para hacker sulit melakukan aksi mereka.

  4. Berbelanja di situs yang terpercaya carilah informasi yang mendalam mengenai situs yang Anda kunjungi sebelum nantinya Anda menyerahkan data kartu kredit Anda kedalamnya.

  5. Hindari melakukan transaksi lewat Wi-Fi public sebab para penjahat cyber sangat menyukai untuk mencuri data pribadi Anda lewat jaringan Wi-Fi yang tidak aman.

  6. Matikan Bluetooh, gunakan data ponsel sendiri, langkah sederhana ini akan membuat ponsel terhubung dengan koneksi yang aman.

  7. Tolak segala freeware sebab hal ini mungkin gratis, tapi berpotensi membawa malware di dalamnya.

  8. Hindari email yang berisi tiruan bukti konfirmasi transaksi. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi umpan dari para penjahat cyber.

(brl/red)