Junko Chihira, robot buatan Toshiba yang ramah dan multilingual

Junko Chihira, robot buatan Toshiba yang ramah dan multilingual

Techno.id - Mengembangkan teknologi kecerdasan artifisial mulai menjadi fokus perusahaan besar, tak terkecuali Toshiba Corporation. Vendor asal Jepang itu telah berhasil menciptakan humanoid multilingual bernama Junko Chihira.

Junko memiliki kemampuan utama untuk berbicara dalam tiga bahasa yang berbeda, yakni bahasa Inggris, Jepang, dan Cina. Hari ini (23/10/15), robot itu diperkenalkan pertama kalinya di ruang publik, tepatnya di Aqua City Odaiba, Tokyo.

Junko Chihira, robot buatan Toshiba yang ramah dan multilingual

Dari rilis pers yang diterbitkan Toshiba (19/10/15), ini hanyalah langkah awal dari Junko. Sebab Desember mendatang, Junko diharapkan sudah bisa membantu pengunjung yang ingin mendapatkan informasi, terutama yang berkaitan dengan pariwisata.

Junko ini sebenarnya adalah "adik" dari Aiko Chihira, robot yang dikembangkan Toshiba tahun lalu. Rencananya, Junko akan disempurnakan lagi dengan teknologi speech recognition, sehingga tahun 2017 mendatang, Junko bisa merespons pertanyaan yang dilontarkan oleh turis dalam tiga bahasa itu. Toshiba juga berencana untuk memboyong Junko ke Olimpiade Tokyo tahun 2020 mendatang dengan kemampuan yang lebih sempurna.

(brl/red)