Jerman janjikan kecepatan internet tertinggi di dunia hingga 50Mbps

Jerman janjikan kecepatan internet tertinggi di dunia hingga 50Mbps

Techno.id - Jerman berniat menghadirkan kecepatan internet tercepat di dunia. Jika saat ini rata-rata kecepatan internet tertinggi dimiliki oleh Korea Selatan dengan kecepatan 23.6Mbps maka Jerman akan meluncurkan kecepatan internet hingga 50Mbps.

Menurut laporan konektivitas internet dari Akamai, pada kuartal pertama tahun 2015, rata-rata kecepatan internet di berbagai negara hanya 5Mbps. Sedangkan, Amerika Serikat saat ini mengadopsi koneksi internet hingga 11.9Mbps, seperti yang disadur dari TheNextWeb (8/9/15).

Sebenarnya, kecepatan internet 50Mbps sudah dirasakan sebagian besar warga Jerman, kira-kira dengan persentase 70 persen. Jadi untuk rencana menghadirkan koneksi internet 50Mbps seutuhnya di tahun 2018 akan semakin mudah. Pemerintah Jerman sendiri juga sudah menyediakan pendanaan sebesar Rp 59,2 triliun.

"Federasi Jerman akan memberikan kontribusi biaya hingga 50 persen. Sedangkan negara Jerman sendiri akan menyumbang 40 persen dan sisanya 10 persen bakal dibebankan kepada masyarakat," kata Menteri Transportasi dan Infrastruktur Digital Jerman, Alexander Dobrindt.

Saat ini, secara keseluruhan rata-rata kecepatan koneksi internet di Jerman hanya di bawah 11Mbps.

(brl/red)