Janji baru Qualcomm di chipset barunya, Snapdragon 820

Janji baru Qualcomm di chipset barunya, Snapdragon 820

Techno.id - Belakangan ini, Snapdragon 810 kian dikenal luas pasca isu overheating. Qualcomm selaku pengembang prosesor berlogo naga merah ini pun berjanji jika hal itu tak akan terjadi lagi di generasi penerusnya, Snapdragon 820.

Prosesor Snapdragon 820 sendiri memang belum dirilis secara resmi. Menariknya, Qualcomm sudah berani mengumbar berbagai kelebihan yang dimiliki, sebut saja CPU Kyro di Snapdragon 820.

Sebagaimana dikutip dari Engadget (02/09), CPU Kyro diklaim dapat menghemat energi hingga dua kali lipat. Namun di saat yang bersamaan, juga diklaim mampu menghasilkan performa dua kali lipat lebih tinggi.

Dengan kata lain, pemiliki ponsel dengan prosesor Snapdragon 820 nantinya dapat menikmati performa tinggi smartphone tanpa perlu khawatir akan baterai yang cepat habis.

Menurut Qualcomm, ada dua rahasia mengapa Snapdragon 820 dapat melakukan hal itu secara bersamaan. Pertama, karena mengusung teknologi hemat energi 14-nanometer FinFET. Kedua, karena ada kustomisasi pada CPU 64-bit.

Selain itu, Snapdragon 820 juga dikatakan telah menggunakan teknologi heterogenous computing. Teknologi ini diklaim dapat membuat perangkat hardware terkait dapat bekerja sama secara bersamaan sekaligus juga mematikan secara bersamaan.

Sebagai contoh seperti prosesor utama, prosesor grafis (Adreno 350), prosesor digital signal (Hexagon 680), dan prosesor imaging (Spectra) yang saling bekerja bersamaan ketika pengguna smartphone akan mengambil gambar.

Secara teori, penjelasan perihal kelebihan Snapdragon 820 seperti di atas memang cukup masuk akal. Namun tetap saja, benar tidaknya klaim Qualcomm itu baru akan terbukti saat Snapdragon 820 benar-benar dirilis ke pasar.

(brl/red)