ITU: Jaringan 5G akan hasilkan kecepatan hingga 20Gbps

ITU: Jaringan 5G akan hasilkan kecepatan hingga 20Gbps

Techno.id - Sebagaimana diketahui, 4G LTE-A adalah sebuah jaringan yang sejauh ini diklaim sebagai jaringan internet tercepat di dunia. Kendati demikian, 4G LTE-A masih belum menjadi standar di tingkat global.

Menariknya, International Telecommunication Union (ITU) sudah berani mendefinisikan mengenai 'spesifikasi' konektivitas selanjutnya yang akan digunakan sebagai alat komunikasi mobile di masa depan. Ya, ITU saat ini tengah mendeskripsikan jaringan 5G.

Seperti dikutip dari PhoneArena (19/06/2015), ITU telah memutuskan bahwa jaringan 5G akan memiliki kecepatan tertinggi hingga 20Gbps. Dengan kata lain, jaringan 5G akan memiliki kecepatan maksimum sebesar 20x lipat lebih cepat daripada jaringan tertinggi 4G LTE-A yang berada di angka 1Gbps.

Namun tentu saja, hal yang perlu diingat yakni angka 20Gbps tersebut adalah kecepatan maksimal yang didefinisikan secara teoritis. Dan yang pasti, jaringan 5G pertama (tahap pengembangan) akan sangat mungkin untuk memiliki kecepatan di bawah angka tersebut.

Pada saat ini, standar LTE tercepat adalah LTE Cat 9 (kategori sembilan) di mana jaringan ini memiliki kecepatan maksimum hingga 300Mbps. Tentu saja, angka tersebut bahkan masih jauh di bawah jaringan 4G LTE-A yang berada di angka 1Gbps.

Lebih jauh, ITU juga mengungkapkan bahwa jaringan 5G akan dibangun pada perangkat yang menggunakan teknologi Internet-of-Things (IoT). Artinya, jaringan 5G dapat memenuhi kebutuhan hingga satu juta perangkat (IoT) dalam radius satu kilometer persegi dengan kecepatan rata-rata di atas 100Mbps.

Sedangkan untuk penamaan formal, ITU mengusulkan jaringan 5G nantinya akan disebut sebagai IMT-2020. Nama tersebut tampaknya disesuaikan dengan tahun peluncuran jaringan 5G di masa depan. Sebagai informasi, jaringan 4G disebut sebagai IMT-Advanced dan jaringan standar 3G disebut sebagai IMT-2000.

ITU juga berharap, bisnis jaringan 5G komersial pertama dapat dimulai pada tahun 2020 mendatang. Sedangkan contoh (tahap percobaan) jaringan 5G sendiri saat ini tengah dipersiapkan untuk diuji coba pada tahun 2018 mendatang di PyeongChang Olympic Games.

(brl/red)