Investor Jepang tertarik kembangkan Cirebon jadi smart city

Investor Jepang tertarik kembangkan Cirebon jadi smart city

Techno.id - Setelah kota-kota besar mulai merancang strategi pengembangan smart city, kini demam pengembangan smart city juga menyelimuti kota lainnya. Oktober lalu, Cimahi sudah diganjar penghargaan Smart City atau Smart Region di ajang Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2015. Kini, ada kota lain di Provinsi Jawa Barat yang siap memulai mimpinya menjadi smart city, yakni Cirebon.

Seperti diberitakan oleh Antara (01/12/15), Kota Cirebon akan diproyeksikan juga menjadi smart city dengan bantuan dua investor asal Jepang. Rencananya, Kota Udang itu bakal dijadikan sebagai smart city sekaligus percontohan kota pintar bagi daerah lain.

"Kami sudah membahas dan sudah ada kesepakatan dengan investor tersebut dan semoga bisa secepatnya terealisasikan, agar lebih lebih cepat lagi aksesnya," ujar Asep Dedi, Sekretaris Daerah Kota Cirebon.

Saat disinggung soal potensi, Asep optimistis Cirebon bisa menjadi smart city selanjutnya di Indonesia. Sebab, kota ini sudah memiliki akses yang lebih mudah dan strategis karena terletak di jalur pantura. Ia juga tak ragu memosisikan Cirebon di bawah Bandung, yang akan dijadikan sebagai kota 1.000 aplikasi.

"Kota Cirebon yang sangat strategis, membuat para investor tertarik dan kota ini juga kota alternatif setelah Bandung," imbuhnya.

(brl/red)