Intel kembangkan robot laba-laba yang dikendalikan oleh gelang

Intel kembangkan robot laba-laba yang dikendalikan oleh gelang

Techno.id - Seperti yang Anda tahu, Intel sudah lama berkecimpung dalam pembuatan komponen penyuplai tenaga smartphone dan PC. Namun, saat ini mereka telah membuat teknologi baru yang berbeda dari sebelumnya, yakni robot laba-laba. Apa yang menarik dari robot ini?

Robot yang dinamai Spiderbots ini memang tergolong unik karena dapat dikendalikan menggunakan gelang. Keistimewaan dari robot tersebut dipamerkan Intel pada forum pengembangan Intel yang diadakan di Shenzhen, China.

Saat ditemui di acara tersebut, Brian Krzanich selaku petinggi Intel menunjukkan kinerja robotnya dengan menggerak-gerakkan tangannya. Menariknya, Spiderbots juga ikut mengangkat lengan mereka sesuai instruksi dari Brian, seperti yang dilansir oleh Popsci (9/04/2015).

Berkat gelang Curie yang dikenakan Brian kala itu, robot laba-labanya terlihat menuruti semua perintahnya. Gelang ini memiliki teknologi accelerometer dan giroskop yang dapat dideteksi Spiderbots sebagai arahan pergerakannya. Spiderbots dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan koneksi bluetooth.

Sebenarnya kontrol robot laba-laba ini tak hanya gelang saja. Brian dapat memindahkan remote controlnya ke dalam perhiasan lain seperti cincin, liontin, pelacak kebugaran, dan sebagainya. Tak hanya itu, Spiderbots juga dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan koneksi bluetooth.

Sayangnya, robot ini belum akan dipasarkan dalam waktu dekat karena Spiderbots masih berbentuk konsep. Meski demikian, setidaknya robot dari Intel ini dapat menjadi hiburan yang menarik. Selain itu, dengan hadirnya Spiderbots dapat menunjukkan pula bahwa Intel tak hanya terfokus untuk memproduksi komponen elektronik saja, melainkan teknologi robot juga.

(brl/red)