Inovasi bioteknologi LIPI diklaim dapat bantu kemoterapi

Inovasi bioteknologi LIPI diklaim dapat bantu kemoterapi

Techno.id - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kini tengah gencar melakukan kerja sama riset dengan pihak swasta maupun industri. Kali ini, kerja sama tersebut dilakukan dengan Bio Farma dalam mengembangkan penelitian terkait Erythropoietin.

Sebagaimana dikutip dari Merdeka (28/12), Erythropoietin diklaim dapat bermanfaat bagi pasien cuci darah, kemoterapi, dan anemia. Hanya saja, inovasi bioteknologi ini masih dalam tahap awal serta membutuhkan kajian yang lebih mendalam.

Menurut Kepala Pusat Penelitian (Puslit) Bioteknologi LIPI, Dr. Bambang Sunarko mengatakan bahwa riset EOP sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2005 silam. Namun karena beberapa kendala, dewasa ini akhirnya baru dapat kembali dilanjutkan.

"Riset ini kemudian berlanjut dengan konsorsium EPO pada Forum Riset Vaksin Nasional sejak tahun 2013. Konsorsium ini melibatkan Puslit Bioteknologi LIPI, Lab CCRC dan Fakultas Farmasi UGM, serta PT Bio Farma," ujarnya.

Sebagai tahap awal peluncuran, LIPI akan memberikan Research Cell Bank (RCB) EPO kepada Bio Farma untuk dilakukan kajian lebih dalam. Nantinya, Bio Farma akan melakukan karakterisasi dan pengembangan RCB agar siap untuk diproduksi.

(brl/red)