Ini alasan Apple tak ingin gunakan nama iWatch

Ini alasan Apple tak ingin gunakan nama iWatch

Techno.id - Ketika Apple mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan sebuah smartwatch, banyak dari penikmat teknologi menduga-duga bahwa perangkat terbaru Apple tersebut akan dinamai Apple iWatch, layaknya iPhone maupun iPad. Namun, ternyata Apple lebih memilih menggunakan nama Apple Watch tanpa embel-embel "i" di depannya untuk perangkat yang dijual secara online ini.

Dilansir oleh PhoneArena (13/4/15), Apple sengaja tidak menggunakan nama iWatch karena sebelumnya nama tersebut telah digunakan oleh beberapa produk di berbagai belahan dunia. Salah satunya adalah OMG Electronics yang menggunakan nama iWatch untuk produknya pada September 2012. Perusahaan tersebut mendaftarkan jam tangan pintar dengan nama iWatch di situs crowdfunding IndieGoGo, untuk mengumpulkan dana guna mewujudkan proyek tersebut. Sayangnya, perusahaan tersebut gagal mengumpulkan dana sebesar Rp 1,3 miliar hingga batas pengumpulan pada bulan Oktober 2012.

Selain itu, sebuah perusahaan di Eropa, Probendi, telah mendaftarkan hak paten atas nama tersebut sejak 2008. Bahkan perusahaan tersebut mengancam melalui situs resminya akan memidana setiap perusahaan yang secara sengaja menggunakan nama iWatch tanpa izin.

Hingga saat ini, Apple belum memberikan isyarat akan membeli merek dagang iWatch dari perusahaan asal Eropa tersebut seperti saat Apple membayar sejumlah uang kepada Proview, perusahaan asal Taiwan, untuk menggunakan nama iPad di seluruh wilayah Tiongkok daratan.

(brl/red)