Ini 10 password paling murahan sejagat dunia maya

Ini 10 password paling murahan sejagat dunia maya

Techno.id - Di zaman yang serba digital, penggunaan password sebagai proteksi data di dunia maya menjadi sangat lumrah. Namun uniknya, masih banyak user yang sembrono dalam memilih kata sandi. Buktinya, tertuang dari laporan milik Trustwave berikut.

Perusahaan pengamanan di dunia maya itu telah melakukan investigasi tentang bagaimana user memilih password mereka sendiri. Analisis yang dilangsungkan mulai tahun 2013 hingga 2014 itu akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan bahwa user cenderung memilih sandi yang mudah diingat, meski dengan risiko mudah dibobol.

Lebih lanjut, menurut Trustwave, kata sandi yang paling umum di internet ternyata adalah "Password1". Dari 499.556 sampel password yang mereka miliki, ada 4.585 user yang terbukti menggunakan Password1. Meski sudah ada kombinasi huruf dan angka, tetapi tetap saja pemilihan sandi itu terlalu umum dan pasaran.

Uniknya, masih menurut Trustwave, posisi Password1 belum berubah sejak mereka melakukan analisis yang sama tahun 2013.

Data selengkapnya terkait 10 password paling umum di internet versi Trustwave tersaji dari grafis buatan Statista (17/06/15) berikut:

Ini 10 password paling murahan sejagat dunia maya
Password paling populer di internet tahun 2014 2015 statista.com

Selain membeberkan fakta ini, Trustwave pun menyarankan pada user supaya lebih kreatif dalam memilih password. Mereka menambahkan lebih baik menggunakan kombinasi dari dua kata ketimbang hanya satu kata.

(brl/red)