Hour of Code berhasil ajak 10.000 orang belajar coding

Hour of Code berhasil ajak 10.000 orang belajar coding

Techno.id - Hour of Code, sebuah program menarik yang digagas oleh Microsoft dan Code.org dilaporkan berhasil mengumpulkan 10.000 guru, ratusan siswa, orang tua, dan anggota komunitas untuk belajar coding. Menariknya, di program ini peserta diajak untuk belajar coding dengan cara yang seru dan sederhana.

Dalam keterangan resmi yang diterima Techno.id (11/12/15), para peserta Hour of Code dari pelbagai lokasi di Jakarta diajak untuk melakukan coding sambil bermain bersama dua karakter dalam Tutorial Minecraft, si Steven dan Alex. Para peserta ditantang untuk menyelesaikan 14 level permainan di mana pada setiap levelnya mereka harus menavigasi karakter, menambang, membuat kerajinan, dan menjelajah dalam dunia 2D Minecraft menggunakan program editor visual berbasis blok (block-based visual).

Hour of Code berhasil ajak 10.000 orang belajar coding

TampilanTutorial Minecraft yang digunakan dalam Hour of Code 2015 Microsoft Indonesia

Esther Sianipar, Citizenship and Community Affair Support Manager Microsoft Indonesia mengungkapkan harapannya bahwa melalui program ini banyak orang bisa mendapat pengalaman baru nan menyenangkan untuk belajar coding.

"Coding merupakan pintu untuk proses penciptaan berbasis teknologi komputer. Dengan memperkenalkan coding melalui cara yang menyenangkan, kami berharap banyak talenta di bidang teknologi bermunculan di Indonesia," ujar Esther.

Hour of Code berhasil ajak 10.000 orang belajar coding

Para peserta Hour of Code antusias belajar coding menggunakan Tutorial Minecraft 2015 Microsoft Indonesia

Hour of Code sendiri dilaksanakan secara serentak di 180 negara dan diikuti oleh lebih dari 100 juta siswa dengan Tutorial Minecraft yang diterjemahkan ke dalam 40 bahasa. Selain menawarkan pengalaman belajar coding yang berbeda, Hour of Code juga mengajak publik untuk menjadi fasilitator dalam acara ini. Siapa pun dan di mana pun dapat menyelenggarakan acara Hour of Code dengan mengunduh Tutorial Minecraft terlebih dahulu.

Diharapkan dengan program ini pelajaran dasar coding, terutama di Indonesia dapat terus bergulir dan semakin banyak anak-anak muda yang menciptakan sesuatu berbasis teknologi komputer.

(brl/red)